Hati-hati memperlakukan Hati


Hati memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh. Melalui organ inilah, segala macam zat disaring sehingga segala sesuatu yang bisa meracuni tubuh bisa dinetralisir.
Oleh karena itu, menjaga sel-sel hati tetap optimal wajib dilakukan. Yang paling mudah dilakukan adalah dengan tidak memperberat kinerja hati.  Berikut beberapa cara agar kinerja hati tidak menjadi tambah berat :
 
1. Tinjau kembali pemakaian suplemen herbal
Suplemen herbal meski berasal dari alam belum tentu aman bagi hati. Apalagi jika suplemen tersebut belum memiliki izin dari lembaga berwenang seperti BPOM. Perhatikan pula kandungan yang ada dalam herbal tersebut. Ingat, semakin banyak zat yang ada di dalamnya semakin berat kinerja hati untuk memecahnya agar tidak berbahaya bagi tubuh.
 
2. Kurangi konsumsi gula
Gula memang kita butuhkan untuk dipecah menjadi energi. Namun, kebanyakan gula tentu saja tidak baik bagi tubuh apalagi hati. Gula baik fruktosa maupun glukosa bersifat toksik bagi hati. Bayangkan jika kita mengguyur hati dengan “zat racun” tersebut. Lama kelamaan, fungsi hati akan menjadi tidak optimal.
 
3. Kurangi lemak
Non Alcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD) adalah jenis penyakit yang bisa timbul akibat banyaknya lemak yang menghampiri hati. Lemak yang berlebih ini pada akhirnya bisa membuat jaringan sehat pada hati menjadi rusak atau hati terkena sirosis.

Cara di atas sangat mudah dilakukan karena yang dibutuhkan hanya dengan mengubah gaya hidup kita. Semakin baik gaya hidup kita, semakin aman hati dan organ tubuh kita dari kerusakan dini. 


Sumber : Klik Disini

Tinggalkan komentar